Senin, 09 Januari 2012

Kepulauan ANAMBAS "Exotic South China Sea Marine Park"

Wellcome to Kepulauan Anambas


Kabupaten Kepulauan Anambas adalah Kabupaten termuda di Provinsi Kepulauan riau yang memiliki sejumlah obyek wisata yang beragam, indah dan masih asri. obyek Wisata di Anambas tersebar di 7 Kecamatan, yakni : Kecamatan Siantan, Kecamatan Siantan Tengah, Kecamatan Siantan Timur, Kecamatan Siantan Selatan, Kecamatan Palmatak, Kecamatan Jemaja dan Kecamatan Timur.

Secara Geografis, Kabupaten Anambas terletak diantara 2010'0"  - 3040'0" LU sampai dengan 105015'0" - 106045'0" BT. Luas wilayahnya 46664.14 km2, terdiri dari luas daratan 592.14 km2 dan lautan 46,033.81 km2 dengan panjang Garis Pantai 1,128.57 km2. Batas wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas adalah :
Utara        Laut China Selatan
Selatan     Kepulauan Tambelan
Barat        Laut China Selatan
Timur       Laut Natuna

Kabupaten Kepulauan Anambas terdiri dari 238 pulau, termasuk 5 pulau terluas, 26 pulau berpenghuni dan 212 pulau belum berpenghuni. Kabuapten Kepulauan Anambas memiliki pesona wisata bahari yang sungguh mempesona. Pancing Mania, menyelam, snorkeling, hingga bermain sampan ada di Kepulauan Anambas. Tidak itu saja, Wisata Sejarah, Wisata Budaya, Wisata Alam, Wisata Kuliner hingga pernak - pernik khas pun bisa dinikmati disini.


Wisata Bahari Maritime Tours
  • Diving & Snorkeling
Jika Bali memiliki Sanur yang menggoda penyuka snorkeling dan diving, maka Anambas memiliki Pulau Bawah. Kepulauan Anambas memiliki terumbu karang yang sangat bagus untuk wisata bahari, diving dan snorkeling. Anda akan menemukan jutaan spesies ikan nan indah serta warna warni terumbu karang yang sungguh mempesona. Ikan Napoleon yang melegenda pun bisa Anda temukan disini. Laut di perairan anambas termasuk kawasan yang menyimpan jenis ikan yang terlengkap di dunia. Beberapa jenis ikan yang yang masuk dalam kategori langka, misalnya ikan Napoleon dan Hiu totol ada disini.

  • Pulau Penjalin (Penjalin Islands)
Salah satu pulau terindah di Kepulauan Anambas ini terletak di Kecamatan Palmatak. Pemandangan alamnya begitu indah berhiaskan pulau - pulau mungil bak rangkaian mutiara. Pantainya yang berpasir putih dan lembut sangat cocok untuk berjemur serta melakukan aktivitas pantai lainnya. Perairannya yang tenang nan bening, berhiaskan bebatuan sebagai ornamennya, sangat cocok untuk menyalurkan adrenalin Anda dengan ber-snorkeling, berenang dan bersampan. 




  • Pulau Mengkait (Mengkait Islands)


Anda ingin berwisata kampung nelayan yang masih "perawan"? Maka tidak salah apabila anada memilih Pulau Mengkait untuk berwisata. Kampung nelayan ini juga menjadi kampung percontohan sebagai Kampung wisata di Kepulauan Anambas. Penduduknya yang ramah, air laut yang bening, serta ratusan perahu pom pong menjadi nilai tambah Pulau Mengkait.




  • Pulau durai (Durai Islands)     

Pulau Mungil yang terletak di Kecamatan palmatak ini adalah tempat konservasi Penyu di Kepulauan Anambas. Menjelang sore, puluhan penyu betina mendarat ke bibir pantai lalu menggali pasir pantai untuk bertelur. Pulau Durai dengan pantainya yang indah, dan dipenuhi oleh penyu di sore hari adalah andalan Wisata di Kepulauan Anambas. Penyu - penyu akan semakin banyak di bulan Juni sampai bulan September. mulai pukul 15.00 sore hari, Anda akan menjumpai kerumunan penyu di pantai Pulau Durai.  

  • Pulau Bawah (Bawah Islands) 
Gugusan Pulau Bawah terdiri dari empat gugusan pulau kecil lainnya dengan luas keseluruhan 99,739 hektar. Pulau Bawah luasnya 63,54 hektar. Pulau Sanggah 27,45 hektar. Pulau Elang 59,4 hektar. Pulau Merba 1,3 hektar, dan Pulau Lidi seluas 1,13 hektar. Jarak tempuh dari Terempa ke Pulau Bawah sekitar 7 (tujuh) jam bila menggunakan alat transportasi pom pong (perahu motor), sementara bila menggunakan speed boat sekitar 4 (empat) jam. Berbagai eksotisme akan ditawarkan kepada Anda, antara lain adalah Diving, Snorkeling, Fishing, Swimming dll. 

  • Pantai Padang Melang (Padang Melang Beach)
Pantai Padang Melang terletak di Kecamatan Jemaja dengan panjang pantai kurang lebih 7 kilometer dan dikenal dengan pasir putih. Bentuk pantai yang melengkung dan dikelilingi pegunungan menjadikan kawasan Pantai Padang Melang sangat tedu dan cocok sebagai tempat berlabuh kapal - kapal besar dan kecil. Perairan pantai Padang Melang juga memiliki terumbu karang yang indah dengan biota laut yang tetap terjaga.



  • Mancing Mania (Fishing Mania)
Laut Anambas sangat kaya akan ikan - ikan yang bernilai jual tinggi. Ikan Napoleon salah satunya. Event "Pancing Mania Anambas" pun rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Bagi Anda penghobbi olah raga "sabar" ini maka wajib bagi Anda untuk memasukkan Anambas pada urutan teratas tujuan mancing Anda. 




  • Ikan Napoleon (Napoleon Fish)
Laut di perairan Anambas termasuk kawasan yang menyimpan jenis ikan yang terlengkap di dunia. Beberapa jenis ikan yang masuk dalam kategori langka, misalnya Ikan Napoleon dan Hiu Totol ada disini.




  • Kota Terempa (Terempa City)
Kota Terempa terletak di utara pulai Siantan, salah satu pulau di Kepulauan Anambas, di Laut Cina Selatan. Kota Terempa berarti "dapat dikunyah" Ini bisa ditempuh sekitar 16 jam pelayaran laut Tanjung Pinang, Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau. 

Wisata Alam Kepulauan Anambas
  • Air Terjun Temburun (Temburun Water Fall) 
Layaknya rambut seorang Bidadari yang terurai panjang, aliran air terjun temburun sungguh mempesona. Memiliki kontur berundak - undak sebanyak tujuh tingkat, air terjun ini menantang Anda untuk menaklukkannya. Berhadapan langsung dengan Laut China Selatan, air terjun Temburun di Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas menjadi kunjungan Anda. 

  • Air Terjun Neraja (Neraja Water Fall)
Air Terjun Neraja terletak di Pulau Jemaja, Kepulauan Anambas tepatnya di Desa Uju Maras. Airnya yang jernih, mengalir melewati bebatuan yang bertingkat - tingkat dan bermuara pada dua buah kolam alam. Gemercik serta jernihnya air menggoda Anda untuk sejenak berendam seraya menikmati kesegaran dinginnya Anugerah Tuhan ini.









Wisata Sejarah & Budaya 
  • Kunjungan Wisatawan Memoria Eks Pengungsi Vietnam, Pulau Kuku, Jemaja
  • Masjid Jamik Terempa (Jamik Mosque)
Masjid tua yang diperkirakan berdiri tahun 1925 ini berada di Terempa (Ibu Kota Anambas), Kecamatan Siantan. Arsitektur masjid ini cukup menarik, terutama bentuk kubah dan menaranya. Begitu juga dengan pintunya yang terbuat dari kayu berukuran besar. Di pelataran Masjid terdapat bedug tua, sedangkan di dalamnya terdapat mimbar dari kayu yang berbentuk unik dan berusia tua. 

  • Vihara Gunung Dewa (Gunung Dewa Monastry)
Bangunan yang lebih dikenal sebagai Kelenteng ini berada di Terempa, ibu kota Kabupaten Anambas. Vihara berwarna merah cerah dan kuning ini berada pada sebuah tebing bebatuan. Inilah salah satu keunikan vihara ini. Bangunan vihara ini akan mudah terlihat dari kejauhan saat anda masih berada di pom pong. Pemandangan teluk dan selat, serta suasana kota Terempa menjadi eksotisme Vihara Gunung Dewa. 
  • Eks Pengungsi Vietnam (Eks Vietnam Refugees)
Pada tahun 1970, sekitar 14 ribu pengungsi Vietnam menapakkan kaki mereka di Pulau Kuku, Kepulauan Anambas. Mereka adalah korban perang saudara di Vietnam. Selain di Pulau Kuku, pengungsi juga merapat di Air Raya. Rupanya tidak hanya Kepulauan Anambas yang menjadi tujuan mereka, namun Pulau Galang di Batam pun menjadi tujuan pengungsi lainnya, yang pada akhirnya bermukim hampir dua dasa warsa lamanya. 

  • Makam Keramat 
Makam Keramat adalah Komplek makam keluarga Raja Johor.







  • Seni Budaya (Culture)
Sudah menjadi rahasia umum jika  Kepulauan Riau sangat kaya akan seni dan budaya. Negeri pantun terkenal akan seni tarinya. Maka tidaklah salah jika Kepulauan Anambas, kabupaten termuda Kepulauan Riau juga kaya akan keaneka ragaman seni dan budaya. Hampir disetiap bulannya akan diadakan pagelaran Tari disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar